Posts Subscribe comment Comments

menulis dengan sistem koran

Share

Sebelum membicarakan tentang tutorial blog, karena hari ini merupakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, maka saya selaku salah satu dari sekian banyak anak bangsa tak ada salahnya jika saya mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada sobat semua selaku bagian dari bangsa indonesia, semoga dengan datangnya hari bahagia ini bangsa kita menjadi bangsa yang lebih dewasa, lebih maju, lebih makmur, dan lain sebagainya yaitu menuju kearah yang lebih baik. (tumben ngomongnya serius).

Saya rasa cukup deh ngomong seriusnya ya, soalnya kalau terus-terusan serius otak ku menjadi beku, jari-jari ku menjadi kaku, lidah ku menjadi kelu, mulutku menjadi bisu, asa ku menjadi layu (keterusan deh). Oke.... sobat, kita kembali ke.... blog tutorial tentunya. Sebelum mulai, saya mau ngadain kuiz dulu, tolong jawab yang jujur ya, Apakah sobat pernah membaca koran atau surat kabar? jawabannya pasti sudah pernah. benarkan? yeeeehh jawabannya ketebak deh , lalu apa hubungannya dengan tutorial blog? ceritanya seperti ini, di dalam tulisan sebuah koran, hampir menjadi suatu kewajiban bahwa hurup awal dari sebuah artikel di cetak lebih besar di banding dengan tulisan lainnya. Nah bagi sobat yang mempunyai keinginan untuk membuat tulisan yang bergaya seperti tulisan dalam koran, maka teruslah membaca sampai akhir postingan.


Untuk membuat huruf awal di cetak lebih besar, maka sobat perlu membubuhkan kode css ke dalam style sheet nya. Karena template blogger masih terbagi dua yaitu klasik dan baru, maka untuk cara penempatan kode pun ada sedikit berbeda. Untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini !

# Untuk Template Klasik


   1. Sigin di blogger


   2. Klik menu Template


   3. Klik menu Edit HTML


   4. Copy seluruh kode template, lalu paste pada notepad kemudian save. Ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan melakukan editting


   5. Copy paste kode berikut di antara kode <style type='text/css'> dan kode </style> dan kalau sobat merasa bingung, maka tempatkan saja di atas kode </style>

     

      /* kode untuk hurup awal
      ----------------------------------------------- */
      .awal {
      float:left;
      color: #000000;
      background:#ffffff;
      line-height:80px;
      padding-top:1px;
      padding-right:5px;
      font-family:times;
      font-size:100px;
      }

   6. Klik tombol Simpan Perubahan Template


   7. Selesai




# Untuk Template Baru


   1. Sign in di blogger


   2. Klik menu Layout


   3. Klik menu Edit HTML


   4. Klik tulisan Download Full Template, lalu save data tersebut. Ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan dalam mengedit kode template


   5. Copy paste kode berikut di antara kode <b:skin><![CDATA[ dan kode
      ]]></b:skin> , atau jika bingung simpan saja persis di atas kode
      ]]></b:skin>


      

      /* kode untuk hurup awal
      ----------------------------------------------- */
      .awal {
      float:left;
      color: #000000;
      background:#ffffff;
      line-height:80px;
      padding-top:1px;
      padding-right:5px;
      font-family:times;
      font-size:100px;
      }


   6. Klik Tombol Simpan Template


   7. Selesai.




Langkah-langkah di atas merupakan langkah pertama, langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah ketika melakukan posting harus pada posisi Edit HTML bukan pada Compose, nah simpanlah huruf awal artikel pada kode berikut <span class="awal">hurup awal </span>. Setelah itu terserah sobat, mau tetap pada posisi Edit HTML atau berpindah ke mode Compose tidak ada masalah. Contoh penulisan artikelnya seperti ini :

<span class="awal">S</span>ebelum membicarakan tentang tutorial blog, karena hari ini merupakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, maka saya selaku salah satu dari sekian banyak anak bangsa tak ada salahnya jika saya mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada sobat semua selaku bagian dari bangsa indonesia, semoga dengan datangnya hari ini bangsa kita menjadi bangsa yang lebih dewasa, lebih maju, lebih makmur, dan lain sebagainya yaitu menuju kearah yang lebih baik. (tumben ngomongnya serius).

Maka hasilnya nanti akan seperti ini :

Sebelum membicarakan tentang tutorial blog, karena hari ini merupakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, maka saya selaku salah satu dari sekian banyak anak bangsa tak ada salahnya jika saya mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada sobat semua selaku bagian dari bangsa indonesia, semoga dengan datangnya hari ini bangsa kita menjadi bangsa yang lebih dewasa, lebih maju, lebih makmur, dan lain sebagainya yaitu menuju kearah yang lebih baik. (tumben ngomongnya serius).


Bagaimana sobat, menarik bukan? bukan. ah ko gitu sih Agar sobat menjadi lebih faham tentang kode-kode diatas tadi, maka akan saya bahas.

/* kode untuk hurup awal
----------------------------------------------- */
.awal {
float:left;
color: #000000;
background:#ffffff;
line-height:80px;
padding-top:1px;
padding-right:5px;
font-family:times;
font-size:100px;
}


.awal    --> ini adalah penamaan saja, mau di ubah jadi begin, start, atau apa saja boleh, cuma jangan lupa untuk membubuhkan tanda titik (dot) di awal tulisan.

float:left;    --> ini adalah kode agar tulisan awal di letakan pada posisi kiri alias mepet ke kiri, jangan di ubah kalau yang ini.

color: #000000;    --> ini adalah kode untuk warna tulisan, kode #000000 adalah kode warna hitam, jika sobat ingin warna yang lain maka silahkan saja di ganti.

background:#ffffff;    --> ini adalah kode untuk warna latar belakang, kode #ffffff adalah kode warna putih, jika sobat ingin warna yang lain silahkan di ganti sesuai keinginan.

line-height:80px;    --> ini adalah kode untuk jarak baris, sebaiknya jangan di ganti.

padding-top:1px;    --> ini adalah kode untuk jarak sela antara tulisan dengan bagian atasnya, sebaiknya jangan di ganti.

padding-right:5px;    --> ini adalah kode untuk jarak sela antara tulisan awal dengan tulisan selanjutnya sebesar 5 pixel, jika sobat berniat mengganti jaraknya, silahkan ganti nilainya saja.

font-family:times;    --> ini adalah kode jenis hurup, yang di pakai adalah jenis times, jika tidak suka dengan times bisa di ganti dengan yang lain, mau Georgia, Verdana, sans-serif atau yang lainnya silahkan saja.

font-size:100px;    --> ini adalah kode untuk besarnya hurup, jika mau di ganti silahkan ganti nilainya saja.

Sudah jelaskah? nah jika sobat ingin berkreasi dengan yang namanya warna tapi tidak mengetahui kodenya, jangan khawatir, kawan saya bang iwan sangat kreatif, yakni menuliskan kode warna sekalian bentuk warnanya pada bagian footer blog beliau, jika sobat minat silahkan kunjungi blog beliau di http://free-7.blogspot.com

satu lagi yang terakhir yaitu apabila sobat ingin melihat blog yang memakai sistem ini dengan warna lain, silahkan sobat klik di sini !

Selamat berkreasi !

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

I know there is something in your head
Any type of comment will be accepted and published. Except spam!
thanx's very much

Design by Azis Lamayuda | Do The Best To Get The Best